Beralih ke Google Workspace dari Microsoft OneNote

" "

" "

Setelah memiliki Google Workspace, berikut beberapa tips untuk Anda. Tips ini akan memudahkan penggantian Microsoft OneNote untuk kebutuhan pembuatan catatan.

Dapatkan aplikasi Google Workspace di perangkat seluler.

Catatan: Beberapa fitur Microsoft tidak terkait secara langsung di Google Workspace dan tidak dicakup dalam panduan ini.

" "

Perbandingan secara sekilas

Luaskan semua  |  Ciutkan semua

Catatan: Perbandingan didasarkan pada Microsoft Part versi 2010, 2013, dan 2016.

Di OneNote... Dalam Google Workspace...*
Membuat catatan atau daftar

Membuat catatan atau daftar di Tasks atau Dokumen

Membuat daftar atau catatan singkat di Tasks

Buka Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, lalu klik Tasks Tasks di sebelah kanan.

  1. Di bagian atas jendela Tasks, klik Panah bawah Panah drop-down lalu Buat daftar baru.
  2. Beri nama untuk daftar dan klik Selesai.

Membuat daftar atau catatan mendetail di Dokumen

Pilih salah satu opsi:

  • Di Dokumen, klik Buat"".
  • Di Drive, klikBaru, lalu di sampingGoogle Dokumen, arahkan kursor ke Panah kanan""dan klik Dokumen kosong atauDari template.
Mengatur atau mengelompokkan catatan di notebook

Mengatur atau mengelompokkan catatan di drive bersama

Langkah 1: Buat drive bersama

  1. Buka Google Drive.
  2. Di sebelah kiri, klik Drive bersama.
  3. Di bagian atas, klik Baru"".
  4. Masukkan nama, lalu klik Buat.

Untuk mengetahui detailnya, lihat Menyiapkan drive bersama.

Langkah two: Tambahkan binder ke drive bersama

  1. Di sebelah kiri, klik drive bersama atau folder yang ada.
  2. Klik Baru"" lalu Folder.
  3. Masukkan nama projection, lalu klik Buat.

Langkah 3: Tambahkan catatan ke binder di bulldoze bersama

Memerlukan setidaknya akses Kontributor

File apa pun yang Anda tambahkan akan menjadi milik tim. Jika Anda keluar dari drive bersama, file tersebut akan tetap ada.

  1. Di sebelah kiri, klik bulldoze bersama.
  2. Tarik file yang ada (yang Anda miliki*) dari komputer atau dari Bulldoze Saya ke drive bersama. Atau, di bagian atas Drive, klik Baru""lalu pilih salah satu opsi:
    • Untuk membuat file, pilih jenis file yang ingin dibuat, seperti Google Dokumen.
    • Untuk mengupload file, klik Upload file. Arahkan kursor ke file dan buka.
  3. Klik dua kali pada file untuk membuka dan mengeditnya.

*Jika Anda tidak memiliki file tersebut, tetapi memiliki akses Editor di Drive, Anda dapat memindahkannya ke drive bersama jika administrator telah mengizinkan opsi ini.

Catatan: Untuk menyimpan dan mengakses file di desktop, gunakan Google Drive untuk desktop. Untuk mengetahui detailnya, lihat Yang dapat Anda lakukan dengan Drive untuk desktop.

Berbagi dan berkolaborasi pada notebook yang disimpan di OneDrive

Berbagi dan berkolaborasi pada catatan di Dokumen

Berbagi catatan di Dokumen

  1. Pilih file yang ingin Anda bagikan.
  2. Klik Bagikan atau Bagikan "".
  3. Pada Bagikan dengan orang dan grup, masukkan alamat e-mail yang ingin Anda ajak berbagi.

    Catatan: Jika fitur berbagi dengan pengunjung diaktifkan untuk organisasi, Anda dapat mengundang seseorang yang tidak memiliki Akun Google untuk berkolaborasi dalam file dan folder Google Bulldoze. Lihat Berbagi dokumen dengan pengunjung.

  4. Untuk mengubah hal yang dapat dilakukan orang ke file Anda, di sebelah kanan, klik Panah bawah "" lalu Pengakses lihat saja, Pemberi Komentar, atau Editor.
  5. Pilih untuk beri tahu pengguna.
    • Jika Anda ingin memberi tahu orang bahwa Anda berbagi file dengan mereka, centang kotak Beri tahu orang. Jika Anda memilih untuk memberi tahu orang, setiap alamat email yang Anda masukkan akan disertakan dalam email.
    • Jika Anda tidak ingin memberi tahu orang, hapus centang kotak Beri tahu orang.
  6. Klik Bagikan atau Kirim.

Menambahkan komentar dan menetapkan item tindakan di Dokumen

  1. Di Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, pilih teks yang ingin dikomentari.
  2. Klik Tambahkan komentar "".
  3. Masukkan komentar Anda di kotak.
  4. (Opsional) Untuk mengarahkan tugas atau komentar ke orang tertentu, masukkan tanda tambah (+) yang diikuti dengan alamat electronic mail mereka. Anda dapat menambahkan orang sebanyak mungkin. Setiap orang akan mendapatkan electronic mail yang berisi komentar dan link ke file tersebut.
  5. (Opsional) Untuk menetapkan komentar ke pengguna tertentu, centang kotak Tugaskan kepada.
  6. Klik Komentar atau Tugaskan.

Catatan: Jika file mencapai jumlah komentar maksimum, Anda dapat membuat salinan file tanpa menyalin komentar apa pun.

Menambahkan gambar atau foto ke catatan

Menambahkan gambar atau foto ke catatan di Dokumen

Di Dokumen, dari menu Sisipkan, pilih Foto atau Gambar.

Mengonversi tulisan tangan menjadi teks di OneNote

Mengonversi tulisan tangan menjadi teks di Jamboard

  1. Di Jamboard, buat atau buka Jam.
  2. Ketuk Gambar "" pada toolbar.
  3. Ketuk Alat bantu gambar lalu Pengenalan tulis tangan.

Untuk mengetahui detail selengkapnya, lihat Menulis, menggambar, dan menambahkan catatan di Jam.

Membuat tugas Outlook dari OneNote

Membuat tugas dari Dokumen

  1. Di Dokumen, tandai teks yang diinginkan untuk membuat tugas. Klik kanan dan pilih Salin.
  2. Di sidebar di sebelah kanan, klik Tasks Tasks.
  3. Klik Tambahkan tugas.
  4. Klik Edit particular Edit.
  5. Klik kanan Masukkan judul, lalu tempel teks yang telah disalin.
  6. Lakukan salah satu opsi berikut:
    • Tambahkan item tentang tugas.
    • Ubah daftar tempat tugas tersebut tercantum.
    • Tambahkan batas waktu tugas, yang juga akan menambahkan tugas ke Kalender.
    • Tambahkan subtugas.
  7. Klik Panah kiri "".

Anda dapat mengakses tugas dari Dokumen, Gmail, Kalender, Spreadsheet, atau Slide.

Mengategorikan catatan dengan tag

Mengategorikan catatan dengan folder di Drive

  1. Di Drive, pilih tempat yang diinginkan untuk menambahkan folder.
  2. Klik Baru"" lalu Binder.
  3. Beri nama folder sebagai kategori.
  4. Klik Buat.
  5. Di Dokumen, simpan catatan ke folder kategori.
Menelusuri OneNote

Menelusuri Drive

Menelusuri catatan Dokumen di Drive

  1. Di kotak penelusuran Bulldoze, masukkan teks penelusuran.
  2. Pilih dari saran atau tekan Enter untuk melihat semua hasil.
  3. (Opsional) Untuk mempersempit penelusuran, klik Panah bawah "", lalu pilih salah satu opsi. Misalnya, Anda dapat mempersempit jenis pada dokumen.

*Petunjuk ini terutama ditujukan hanya untuk web.


Google, Google Workspace, serta merek dan logo yang terkait adalah merek dagang Google LLC. Semua nama perusahaan dan produk lainnya adalah merek dagang masing-masing perusahaan yang terkait.

Apakah ini membantu?

Bagaimana cara meningkatkannya?